Screening A.M – Bornholmer Strasse

Hysteria & Goethe Institut mempersembahkan:

Screening A.M
BORNHOLMER STRASSE

Kamis, 30 maret 2017

 jam: 19.00 – selesai

Tempat:
Grobak art kos

Jl. stonen / 29, bendanngisor

gajahmungkur, semarang

Sinopsis:

Pada tahun 1989, Harald Schäfer (Charlie Hubner) bersama yang lain bertugas sebagai penjaga perbatasan di Bornholmer Strasse. Ia menjadi saksi sejarah meluapnya warga Jerman yang akan melewati perbatasan antara Jerman Barat dan Jerman Timur tersebut. Kejadian ini berbarengan dengan runtuhnya Tembok Berlin.

Bornholmer Strasse adalah film komedi-tragedi Jerman oleh sutradara Christian Schwochow yang dirilis pada 2014. Film ini menunjukkan  detik-detik akhir sebelum peruntuhan Tembok Berlin pada tanggal 9 November 1989 di perbatasan Bornholmer Straße dari sudut pandang komandan Harald Schäfer. Scene di film ini disesuaikan dengan peristiwa sesungguhnya yang terjadi di malam itu, ketika komandan Harald Jäger memerintahkan pembukaan perbatasan Bornholmer Straße.

Screening A.M
merupakan program pemutaran film di Hysteria yang telah berjalan sejak tahun 2011. Inisiasi awal datang dari kerja sama antara Hysteria dan Ruangrupa Jakarta untuk pelaksanaan program Gerobak Bioskop di Semarang, Setelah program berakhir pada 2013, format program Screening A.M kemudian tetap dilanjutkan hingga 2016 dengan tetap memutar film yang sebagian besar diambil dari arsip film Hysteria (dapat diakses umum). Film-film yang diputar pada umumnya cendrung though-provoking, berusaha membuka forum diskusi yang cair dengan penonton tentang film-film yang tidak cukup familiar secara genre, narasi, tema maupun visualnya.

Pada 2017, program Screening A.M berlanjut dengan rintisan kerja sama antara Hysteria dengan Goethe Institut. Program pemutaran film antar 2 lembaga ini rencananya rutin diadakan tiap 3 minggu. Format yang dibawa masih sejenis dengan Screening A.M sebelumnya namun arsip film yang digunakan sepenuhnya dari Goethe Institut. Penonton akan banyak diperkenalkan dengan film-film dari Jerman yang telah dikurasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan program. Kami berharap rintisan macam ini dapat melibatkan lebih banyak komunitas sehingga bisa saling belajar tentang tumbuh kembang scene film di Semarang.

#infohysteria #screeningAM #grobakbioskop #infosemarang #eventsemarang

Tinggalkan Balasan